Bagaimana Mendigitalisasi Bisnis Anda Melalui Aplikasi Mobile

Badr Interactive
- 12 October 2020

Transformasi digital saat ini terjadi di hampir setiap aspek kehidupan masyarakat, mulai dari bisnis, pemerintahan, kesehatan, media, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya. Digitalisasi sebagai fenomena global juga memicu perubahan fundamental pada bagaimana perusahaan beroperasi dan men-deliver value kepada konsumen mereka. Bagi internal perusahaan, digitalisasi ini membawa banyak manfaat mulai dari penghematan biaya operasional, perluasan target pasar, efisiensi administrasi, supply chain, dan lain sebagainya. Bagi konsumen, manfaat paling mendasar dari digitalisasi adalah semakin mudahnya melakukan aktivitas keseharian dengan memanfaatkan segala teknologi yang ada. 

 


Apa yang Dimaksud dengan Digitalisasi Bisnis?

Meningkatnya jumlah investasi bisnis pada inisiatif digital dipengaruhi sebagian besar oleh tren konsumen yang ingin produk atau jasa dapat diterima dengan cepat dan efisien. Hal ini berarti cara-cara konvensional yang biasa dilakukan perlahan tapi pasti akan segera ditinggalkan, dan penerapan teknologi dalam keseharian kita akan semakin banyak dan merubah cara hidup dengan signifikan. 

 

Pada dasarnya, penerapan digitalisasi pada bisnis adalah tentang menerapkan teknologi terkini pada produk atau jasa terbaru yang membuat konsumen merasakan pengalaman baru yang lebih menyenangkan, mudah, dan berkesan. Mereka yang berhasil dalam mendigitalisasi bisnisnya bukan sekedar membuat aplikasi saja, namun jauh lebih dalam dari itu, mereka mengubah model bisnis konvensional kedalam suatu bisnis model baru yang lebih efisien dan menjawab berbagai kesulitan atau keluhan masyarakat dari model bisnis sebelumnya. Hal ini lah yang dilakukan oleh banyak startup yang sukses saat ini seperti Gojek, Bukalapak, WarungPintar, Kitabisa, RuangGuru, Traveloka dan lain sebagainya.

 

Bisnis yang tidak beradaptasi terhadap perubahan cepat atau lambat akan mati dan ditinggalkan. Oleh karena itu mendigitalisasi suatu bisnis selain bertujuan untuk keep up dengan tren terkini, namun juga untuk memberikan berbagai manfaat operasional seperti mengurangi biaya, meningkatkan keamanan, produktifitas, dan efisiensi.   

 

Dari berbagai varian transformasi digital, dua hal yang sangat berpengaruh saat ini, yaitu data dan mobilitas. Dalam dunia yang sangat bergantung pada kecepatan informasi, data menjadi sangat penting untuk mengetahui bagaimana tren dan pola perilaku orang lain. Dengan membuat data secara digital, maka akses ke data tersebut akan lebih mudah dan lebih cepat untuk dianalisis untuk kepentingan bisnis. Anda dapat menghemat biaya dan waktu dalam pengurusan dokumen yang begitu banyak dengan menggunakan cloud. Anda tidak butuh tempat untuk menaruh dokumen hardcopy dan tidak perlu resource untuk mengatur dan menata dokumen tersebut secara fisik. 

 

Melalui digitalisasi Anda juga dapat meningkatkan kinerja dan produktifitas kerja. Dengan segala data bisnis esensial yang dapat diakses secara real time melalui aplikasi mobile, Anda dapt mengaksesnya kapan saja dan dimana saja, mulai dari bursa saham, tren pasar saat ini, data operasional, dan lain-lain. Digitalisasi juga memastikan bahwa data Anda aman. Anda tidak perlu memikirkan permasalahan seperti dokumen hilang, rusak secara fisik, kesulitan mencari dokumen dan seterusnya. Saat ini teknologi sudah mampu menjamin bahwa data Anda dapat terproteksi dengan baik untuk digunakan secara global.

 


Setiap Orang Terkoneksi

Dalam buku “The World is Flat” oleh Thomas Friedman dikatakan bahwa dengan adanya globalisasi maka dunia ini seakan menjadi datar dimana sudah tidak ada lagi batas-batas geografis yang akan menghalangi Anda untuk melakukan sesuatu. Anda dapat terkoneksi bukan hanya ke teman-teman terdekat, kerabat, rekan kantor di pulau yang berbeda, namun juga di berbagai Negara lain di ribuan meter jauhnya. Eksosistem baru yang saling terkoneksi dengan platform digital menciptakan kebutuhan baru bagi perusahaan untuk menawarkan penawaran ekslusif dan personal kepada berbagai klien mereka baik di dalam negeri ataupun luar negeri.

Orang-orang dapat saling terkoneksi meskipun tanpa bertatap muka, tanpa perlu mengeluarkan biaya transportasi dan waktu yang lama untuk bertemu. Dengan kemajuan teknologi, aplikasi mobile dengan segala kemudahan mobilitasnya, ke depan akan menjadi platform yang paling banyak digunakan di mana hampir semua orang kelak akan menggunakan aplikasi ini bukan hanya untuk kebutuhan komunikasi harian, namun juga untuk keperluan pekerjaan, belanja, fashion, pencarian informasi, pemerintahan, dan lain sebagainya.


Dunia Dalam Ujung Jarimu

Saat ini hampir semua orang menggunakan smartphone dalam aktivitasnya.  Bahkan menurut data hootsuite mengenai tren digital masyarakat Indonesia tahun 2019 jumlah pengguna internet mobile di Indonesia mencapai 142 juta pengguna atau lebih dari 50% total populasi Indonesia. Dengan semakin banyaknya peluang dan kesempatan, proses digitalisasi bisnis melalui aplikasi mobile akan membantu Anda mengembangkan bisnis Anda bukan hanya di pasar Indonesia bahkan di pasar internasional.

 

Kehadiran smartphone kini semakin kuat bukan hanya karena fitur akses internetnya, namun karena berbagai aplikasi yang terdapat di dalamnya yang dapat membantu kehidupan kita mulai dari monitoring kesehatan, game, presensi, sosial media, dan sebagainya. Aplikasi tersebut membawa pengalaman baru bagi konsumen yang meningkatkan mobilitas mereka dan bagaimana cara mereka menyikapi suatu servis tertentu. Hanya dengan seujung jari, kita mampu melakukan apa yang kita inginkan, membuat hidup kita jauh lebih mudah dari sebelumnya. Maka tak heran, saat ini perusahaan sedang berlomba-lomba membangun aplikasi mobile yang terus menerus berusaha memanjakan konsumen mereka dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan.

 

 

Kekuatan Aplikasi

Aplikasi mobile memiliki ciri khas di mana mereka secara spesifik didesain sesuai dengan kebutuhan user dengan fitur yang paling dibutuhkan dan sangat user-friendly dalam penggunaannya. Hal ini merupakan hal yang sangat penting jika kita berbicara mengenai customer experience dan customer engagement terhadap bisnis kita. Fungsionalitas yang baik, memudahkan dalam pembayaran online, gamifikasi, serta berbagai elemen hiburan lainnya adalah hal yang dapat menarik user untuk menggunakan aplikasi untuk brand yang mereka sukai.

 

Di sisi lain perusahaan akan mendapatkan citra yang baik dari kepuasan konsumen. Hal ini dapat terjadi melalui interaksi yang cukup intens dalam aplikasi sehingga konsumen akan menjadi loyal dan membuat pembelian secara berkala kepada perusahaan. Aplikasi mobile merupakan salah satu tools yang juga sangat baik untuk marketing bisnis dan ekspansi penjualan perusahaan.

 

Teknologi saat ini membuat pengembangan aplikasi mobile menjadi lebih mudah dan dapat didesain sesuai dengan kebutuhan bisnis berdasarkan budget yang ada ataupun fungsionalitas spesifik tertentu yang ingin dibuat. Investasi pada pengembangan aplikasi mobile akan terbayar ketika perusahaan dapat menghemat biaya dan waktu untuk proses pemesanan, menerima data penting dari konsumen, menanggapi permintaan konsumen, dan seterusnya.

 

Manfaat Utama Aplikasi mobile Untuk Perusahaan

  • Value tambahan untuk konsumen. Aplikasi mobile dapat membantu user dalam menghemat waktu dan tenaga dalam suatu proses pembelian barang, mulai dari pemesanan hingga pengiriman, feedback, serta pencarian informasi. Selain itu, aplikasi mobile yang baik dan responsif dapat memberikan customer experience yang baik untuk membuat mereka lebih loyal dengan produk Anda

  • Sarana marketing perusahaan. Anda dapat menaruh iklan dan promosi dalam aplikasi yang Anda buat atau bahkan dalam aplikasi perusahaan lain dengan menggunakan jasa iklan melalui aplikasi. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan target konsumen yang lebih spesifik dan lebih luas jangkauannya

  • Tidak ada batasan geografis. Sebagaimana penggunaan internet, maka penggunaan aplikasi tidak terbatas ruang-ruang geografis. Aplikasi Anda dapat didownload dimanapun oleh user yang tersebar dipenjuru dunia selama fitur-fitur yang ada relevan untuk digunakan

  • Memberikan informasi dengan lebih cepat. Akses pada aplikasi yang lebih baik dibandingkan browser, di mana jika terdapat update informasi terbaru kita akan mendapat notifikasi dari aplikasi, akan membuat kita lebih aware dengan informasi terkini. Sehingga jika user menginstall aplikasi Anda, maka mereka akan lebih cepat mengetahui informasi tersebut

  • Social engagement. Melalui aplikasi mobile, Anda akan lebih mudah berinteraksi dengan orang lain. Saat ini hampir setiap media sosial menggunakan aplikasi mobile karena memudahkan engagement dengan like, share, comment dan saved. Hal ini memungkinkan user untuk bersosialisasi lebih baik dengan menikmati beragam sajian konten yang ada di media sosial

  • Meningkatkan brand identity. Interaksi berkala dan penawaran secara personal melalui aplikasi mobile membuat user akan lebih aware dengan brand perusahaan Anda. Semakin baik Anda menghandle aplikasi bisnis Anda, maka semakin baik brand perusahaan Anda di mata konsumen

  • Meningkatkan penjualan. Aplikasi mobile juga mampu menjadi sarana penjualan, selain dengan menawarkan produk atau jasa kapanpun dan di manapun melalui aplikasi, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk program loyalti, iklan, dan promosi produk lainnya.

 

Jenis-Jenis Aplikasi mobile untuk Bisnis

Ada banyak sekali contoh-contoh aplikasi yang bermanfaat untuk keperluan bisnis perusahaan, dalam tulisan ini kami akan mengelompokkannya dalam beberapa jenis aplikasi yang umumnya saat ini digunakan perusahaan untuk membantu operasional bisnisnya

  • Aplikasi Produktivitas Kantor. Secara umum aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas di kantor dan mengefisiensikan proses bisnis di dalam internal perusahaan. Sebagai contoh: aplikasi HRD seperti presensi, pengajuan cuti/izin, perhitungan gaji. Aplikasi untuk monitoring KPI dan progress dari pekerjaan, dokumentasi proses bisnis, akuntansi, dan sebagainya. Aplikasi untuk berkoordinasi dengan tim baik dengan video ataupun audio. Beberapa perusahaan bahkan memasukkan gamifikasi didalam aplikasinya untuk meningkatkan motivasi dan aspirasi dari karyawannya

  • Aplikasi CRM dan Penjualan. Aplikasi CRM sangat penting untuk menjaga hubungan dengan konsumen melalui pengelolaan database yang baik. Dalam hal ini perusahaan dapat mengumpulkan informasi mengenai konsumen, mulai dari riwayat pembelian, status pemesanan, interaksi terakhir, complaint yang mereka miliki, preferensi, profile dan lain sebagainya. Data yang terkumpul dalam sistem CRM ini sangat penting bagi perusahaan sebagai bahan perencanaan strategi pemasaran dan penjualan sehingga dapat meningkatkan pemasukan bagi perusahaan

  • Aplikasi Loyalti. Aplikasi ini bertujuan untuk memanjakan konsumen dengan aplikasi yang kemudian membuat mereka lebih loyal dengan perusahaan. Dalam hal ini perusahaan dapat memberikan berbagai penawaran khusus kepada konsumen mereka dengan varian gamification atau promosi lainnya. Aplikasi ini juga dapat mengumpulkan data-data konsumen seperti demografis, pola pembelian, preferensi dan ketertarikan, serta mendapatkan feedback berharga dari produk baru yang ingin di-launch

  • Aplikasi Tracking dan Scheduling. Saat ini di mana setiap perusahaan memiliki mobilitas yang tinggi dan sejumlah to do list yang cukup padat, maka aplikasi penjadwalan agenda menjadi salah satu yang paling penting. Aplikasi ini dapat membantu menjadwalkan agenda harian kita, termasuk membantu manajemen dalam membooking suatu tempat untuk meeting. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mereminder tagihan pembayaran sebelum waktunya, memantau progress pengiriman barang ataupun proses perizinan dokumen, dan lain sebagainya

  • Aplikasi Bisnis Lainnya. Setiap bisnis memiliki flow bisnisnya masing-masing. Oleh karena itu biasanya setiap perusahaan memiliki aplikasi yang secara spesifik didesain untuk memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan tersebut baik untuk keperluan internal ataupun eksternal perusahaan.

 

Demikian informasi terkait urgensi kenapa Anda harus mendigitalisasi bisnis Anda melalui pengembangan aplikasi mobile. Menyesuaikan strategi bisnis dengan tren digitalisasi yang terjadi merupakan hal yang fundamental bagi perusahaan agar dapat tetap beroperasi dengan efisien dan memberikan value kepada konsumen dengan lebih baik. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengembangkan aplikasi mobile Anda baik untuk platform android atau ios, Anda bisa menghubungi kami untuk permintaan penawaran. 

 

100+ Perusahaan bekerjasama dengan Badr Interactive untuk mengoptimalkan website dan aplikasi mereka.

Selama lebih dari 8 tahun, kami telah mengembangkan 200+ website/aplikasi untuk berbagai klien kami.

Mari bergabung dan siapkan sistem terbaik untuk perusahaan Anda