5. Pastikan untuk mengetahui bagaimana cara Anda mengukur kesuksesan aplikasi Anda

Badr Interactive
- 06 November 2019

Five Things to Prepare before Hiring an Agency for Your IT Development


Anda harus dapat membuat tujuan yang terukur dan memahami standar keberhasilan dari proyek atau aplikasi Anda. Setelah itu Anda dapat membuat Key Performance Indicators (KPIs) - jumlah yang Anda gunakan untuk mengukur kesuksesan Anda.

Why it's important?

Anda harus mengerti bahwa bagaimana cara Anda mengukur kesuksesan, akan membantu Anda untuk menentukan apakah aplikasi Anda sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk membuat laporan kepada stakeholder utama pasca peluncuran aplikasi Anda.


How to do it?

Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan profitabilita melalui pembelian aplikasi, satu KPI yang harus ada adalah rasio transaksi per user, sehingga ketika rasio naik, hal ini berarti Anda sudah melakukan  pekerjaan yang baik dalam mengajak user untuk membeli dengan lebih sering. Tujuan lain yang mungkin juga penting adalah kualitas user rating karena berimplikasi pada brand Anda, sebagaimana dengan jumlah download aplikasi.

Jika tujuan Anda adalah untuk menunjukkan iklan kepada user, Anda mungkin dapat membuat KPI yang terkait dengan peningkatan engagement; jika screen views per sesi meningkat, Anda dapat menunjukkan iklan yang lebih banyak, dimana hal itu akan mengkonfirmasi bahwa Anda berada dalam jalan yang benar.

Membuat atau mengimplementasikan solusi analisis dalam sebuah aplikasi dapat membantu Anda untuk mengerti pola perilaku user dan performa akuisisi, yang membantu Anda untuk mengoptimalkan bisnis Anda berbasis data. Dari sekian banyak kemampuan, penguasaan data akan membantu Anda untuk melakukan segmentasi pelanggan Anda pada beberapa grup penting, membantu aktifitas marketing Anda, memberdayakan A/B/n testing, dan membantu debugging aplikasi Anda. Sangat penting untuk mencari agency yang mengerti bahwa data analisis adalah poin utama dalam proses development aplikasi mobile.


Question to ask for the agency:

Apakah Anda memiliki pengetahuan untuk menciptakan atau mengimplementasikan solusi analisis dari scratch dalam aplikasi Anda? Bagaimana Anda menggunakan data untuk membantu proses development aplikasi dan testing?


Question to ask yourself:

  1. Bagaimana saya dapat membuat analytic driven culture sebagai bagian dari kerjasama antara agency dan perusahaan saya?

  2. Apa saja metriks kesuksesan yang berpengaruh kepada perusahaan saya?

  3. Apakah saya dapat menyebarkan data analisis saya secara berkala kepada agency?


Bonus Tip!

Ingatlah bahwa pelaporan progress dari aplikasi Anda setelah diluncurkan atau aktifitas maintenance juga harus direncanakan; fokus bukan hanya pada deliverables produk saja.


Back to main article


Disclaimer: Sebagian besar dari artikel ini diterjemahkan dari booklet google developer agency 2018