5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Mempekerjakan Agency untuk Proyek Anda!

Badr Interactive
- 06 November 2019

Five Things to Prepare before Hiring an Agency for Your IT Development

Odoo • A picture with a caption
Google Development Program 2018 in Singapore


Dalam dunia IT  development, pencarian vendor untuk membantu pengembangan aplikasi merupakan salah satu solusi berkualitas yang cukup praktis namun tidak begitu efisien terutama dalam hal beban biaya yang harus ditanggung user. (Baca lebih lengkap artikel kami tentang plus minus pengembangan software dengan in house team,freelance, dan software house)

Dalam artikel kali ini kami akan sedikit berbagi ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan ketika Badr Interactive berpartisipasi dalam kegiatan google developers agency program di Singapura tahun 2018 lalu. Bersama dengan peserta dari berbagai Negara se- Asia Pasifik, salah satu hasil diskusi yang menjadi kesimpulan dan poin utama untuk mencapai solusi permasalahan proyek IT hari ini dan di masa mendatang adalah dengan optimasi metodologi development baik agile maupun waterfall. Dalam artian bahwa dalam suatu pekerjaan development harus ada partisipasi aktif dalam bentuk kolaborasi antara agency dan user sehingga pekerjaan dapat lebih efisien dan efektif. Badr Interactive pun telah menerapkan metode tersebut dengan melibatkan klien secara intens dari fase sprint zero, sprint planning,bi-weekly review, hingga serah terima proyek (BAST). 

Satu persamaan umum yang dapat dilihat dari agency/software house yang sukses dan memiliki nama besar di dunia saat ini adalah mereka yang mampu bekerjasama dengan klien yang telah secara jelas menentukan tujuan dan ekspektasi mereka sebelum memulai sebuah proyek. Hal ini kemudian menjadi kunci atas keberhasilan proyek pada akhir periode pengerjaan.

Setidaknya, ada lima hal yang harus disiapkan oleh klien sebelum bekerjasama dengan agency/software house,yaitu:


Odoo • Image and Text

1. Determine that agency approach is right for you.

Tentukan pendekatan yang paling tepat untuk agency Anda dengan memahami secara komprehensif kebutuhan IT Anda. Pastikan bahwa aplikasi atau sistem yang akan Anda kembangkan benar-benar penting dan relevan untuk pertumbuhan bisnis perusahaan Anda.

Odoo • Image and Text

2. Understand your internal stakeholders to ensure the right involvement.

Adalah penting untuk memahami dengan siapa Anda bekerjasama dalam pembuatan aplikasi, bagaimana mereka terlibat dalam menentukan requirement tertentu, mengeksekusi jalannya proyek, serta bagaimana mengatur dan berkomunikasi dengan mereka.

Odoo • Image and Text

3. Adopt the right app strategy for you and your user.

Sebaiknya jangan menggunakan pendekatan native application saja, namun juga pertimbangkan untuk menggunakan strategi cross platform dengan mengikutsertakan website. Pahami lebih dalam terkait dengan keuntungan dan biaya yang harus Anda keluarkan untuk native dan web development.

Odoo • Image and Text

4. Set a budget that considers the app's long term business value.

Ketika berbicara mengenai budget, ingatlah bahwa tujuan Anda adalah untuk menciptakan aplikasi yang berkualitas yang dapat membawa nilai lebih (value) bagi bisnis Anda, bukan sekedar memiliki fitur tertentu pada waktu yang Anda inginkan.

Odoo • Image and Text

5. Know how you will measure success.

Anda harus dapat membuat tujuan yang terukur dan memahami standar keberhasilan dari proyek atau aplikasi Anda. Setelah itu Anda dapat membuat Key Performance Indicators (KPIs).

Kelima hal tersebut merupakan fase pra-development yang harus disiapkan untuk memahami secara komprehensif kebutuhan development Anda mulai dari main purpose, role management, technical requirement, budgeting, hingga measurement performance yang bertujuan untuk mendapatkan kualitas sistem terbaik dengan waktu development dan harga yang sesuai dengan ekspektasi Anda. Jika Anda telah menganalisis kelima poin ini dan memutuskan untuk meng-hire agency atau software house, maka jangan lupa untuk tetap berpartisipasi aktif dengan melakukan monitoring berkala dalam review meeting ataupun diskusi harian terkait dengan progress dari development aplikasi Anda.

Semoga bermanfaat.


Disclaimer: Sebagian besar dari artikel ini diterjemahkan dari booklet google developer agency 2018