3. Gunakan strategi yang paling tepat untuk Anda dan User anda

Badr Interactive
- 06 November 2019

Five Things to Prepare before Hiring an Agency for Your IT Development

Pertimbangkan untuk menggunakan pendekatan web yang tergabung dengan aplikasi sebagai penawaran Anda untuk memaksimalkan aksesibilitas user dan potensial user Anda.


Why it's important?

User akan mencari service Anda melalui website ataupun aplikasi di playstore. Sebaiknya jangan menggunakan pendekatan native application saja, namun juga mendorong strategi yang bersifat cross platform dengan mengikutsertakan website. Anda sebaiknya melakukan ini setelah sepenuhnya mengerti mengenai keuntungan dan biaya yang harus Anda keluarkan untuk native dan web development.

Jika Anda hanya menggunakan strategi native application saja, kemungkinan akan ada risiko dimana ketika Anda mengarahkan user bia website untuk mendownload aplikasi Anda, mereka akan:

  1. tidak memiliki memori lebih di device mereka

  2. berfokus pada bandwith yang dibutuhkan untuk mendownload aplikasi

  3. mungkin tidak ingin menambah jumlah aplikasi di handphone mereka 

     

Dalam skenario ini Anda dapat dengan mudah kehilangan customer. Disisi lain, website memiliki hambatan yang lebih rendah untuk dikunjungi (less entry barrier) dibandingkan dengan aplikasi, karena user hanya tinggal klik dan load website-nya. Hal ini akan membantu Anda dalam menawarkan konten dan pengalaman yang user dapat langsung rasakan. Kedatangan progressive web apps dan meningkatnya kekuatan dari browser-based apps menguatkan fakta bahwa jarak antara mobile apps dan website sudah semakin tipis.

Progressive web apps dapat menginstall icon pada homescreen, support push notification untuk meningkatkan engagement, dan menawarkan offline browsing dengan service worker. Dengan fitur seperti web bluetooth, WebBL, WebRTC, dan masih banyak lagi yang akan hadir dimasa mendatang, maka jarak antara native apps dan mobile web akan semakin lama semakin kecil. 


Best practice

  1. Gunakan desain material untuk menciptakan pengalaman yang sama pada asset digital Anda

  2. Implementasi App Indexing, sehingga konten aplikasi Anda muncul dalam search results, driving adoption dan re-engagement for free

  3. Pertimbangkan untuk memperluas pengalaman dari aplikasi Anda pada Android Wear; Android Auto; atau Android TV

  4. Koordinasikan peluncuran produk Anda pada beberapa platform dan jalankan satu campaign marketing untuk mendapatkan dampak yang lebih besar. Ingat, google play review biasanya membutuhkan waktu beberapa jam, sementara toko lain dapat lebih lama.


Reflection

  1. Apa yang competitor saya lakukan?

  2. Negara mana yang ingin saya targetkan? (dan apakah Negara-negara tersebut memiliki batasan pada data atau devices populer yang dapat mempengaruhi kemungkinan dari user menginstall aplikasi Anda)

 

Back to main article


Disclaimer: Sebagian besar dari artikel ini diterjemahkan dari booklet google developer agency 2018