1. Tentukan pendekatan yang paling tepat dengan agency Anda dengan memahami kebutuhan IT Anda

Badr Interactive
- 06 November 2019

Five Things to Prepare before Hiring an Agency for Your IT Development


Pertama-tama, Anda harus memahami bahwa aplikasi atau sistem yang ingin dikembangkan memang benar-benar penting dan relevan terhadap pertumbuhan bisnis Anda. At least, ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan, seperti budaya organisasi, fokus bisnis, rencana bisnis, dan pengalaman bisnis Anda. Dengan beberapa pertimbangan tersebut, Anda dapat menentukan apakah Anda harus membuat aplikasi sendiri atau meng-hire vendor untuk membantu Anda.


Why it's important?


Aplikasi Anda akan merepresentasikan brand bisnis dan organisasi Anda, dimana hal ini akan sangat berpotensi untuk meningkatkan aktifitas bisnis Anda dalam angka yang cukup signifikan. Keputusan terkait dengan bagaimana caranya bisa mendapatkan aplikasi dengan kualitas terbaik, cost yang affordable atau at least, acceptable, dan dalam waktu yang terbatas, dapat ditentukan dengan pemahaman yang mendalam atas kebutuhan bisnis Anda saat ini dan kemampuan tim Anda untuk melakukan development.
 

Reflection
 

Mari kita merefleksikan beberapa pertanyaan ini:

  1. Seberapa mengerti kita mengenai aplikasi mobile ataupun website?

  2. Apakah kita ingin kepemilikan sepenuhnya atas aplikasi tersebut dan mengatur keseluruhan proses development?

  3. Apakah memisahkan tim development dan tim bisnis akan berpotensi menghambat alur komunikasi? Sehingga mempengaruhi kualitas aplikasi dan kesesuaian dengan tujuan bisnis?

  4. Apakah kita memiliki waktu dan sumber daya untuk merekrut dan membuat tim development kita serta mengimplementasi infrastruktur yang dibutuhkan?

  5. Apakah Anda yakin software house atau freelancer dapat lebih baik dalam membuat aplikasi yang Anda inginkan?


Bonus Tip!

Sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan software house / freelancer untuk membuat versi pertama dari aplikasi atau sistem Anda (minimum viable product), sementara Anda membangun sendiri tim development Anda; kemudian, lakukan sendiri hal-hal yang bersifat support, maintenance, bahkan hingga pengembangan berikutnya.


Back to main article


Disclaimer: Sebagian besar dari artikel ini diterjemahkan dari booklet google developer agency 2018